Thursday, June 13, 2013

Saat Semangat Kerja Mengendur

Semangat kerja sangat dibutuhkan dalam menjalankan rutinitas pekerjaan yang hanya bisa dijalankan dengan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran. Terutama saat beban pekerjaan menumpuk, semangat kerja dapat dijadikan motor penggerak diri dalam menyelesaikan semua tanggung jawab kerja. Saat semangat kerja dapat diciptakan dalam diri, beban kerja seberat apapun akan dapat terselesaikan. Namun tidak mudah menciptakan semangat kerja dalam diri. Apalagi saat suasana hati sedang tidak kondosif  karenatengah mengalami masalah, pikiran pasti terfokus pada masalah tersebut. Akhirnyaanda tidak dapat memusatkan pikiran pada pekerjaan hingga membuatnya terbengkalai. Kalau sudah begini, imbasnya adalah buruknya kinerja dan masa depan karir bisa terancam. Sebagai seorang profesional, Anda harus bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Karenanya seorang profesional dituntut dapat memanage masalah pribadi dan pekerjaan. Anda dapat melakukan beberapa hal ini untuk menciptakan semangat kerja setiap hari saat diri seolah kehilangan kekuatan untuk menjalani aktifitas kerja.

Semangat kerja dapat diciptakan saat tubuh dalam kondisi bugar. Sebab, ketika tubuh mengalami kelelahan, Anda pasti tidak mempunyai energi yang cukup untuk melakukan aktifitas  pekerjaan. Secara otomatis, semangat untuk menyelesaikan beban pekerjaan akan memudar. Jadi, jaga kondisi fisik Anda agar tetap sehat dan bugar. Konsumsi makanan sehat bergizi, usahakan rutin untuk berolahraga, serta jangan paksakan tubuh yang mengalami kelelahan untuk terus bekerja. Berilah tubuh kesempatan istirahat yang cukupguna mengembalikan kebugaran. Anda harus bisa mengatur waktu tidur tidak kurang selama 6 jam pada malam hari sehingga keesokan harinya anda merasa segar dan semangat dalam bekerja dapat anda ciptakan.

Ciptakan lingkungan kerja kondusif  yang hanya akan tercipta saat hubungan dengan atasan dan rekan kerja berjalan baik. Ketika Anda dapat menciptakan hal tersebut, maka Anda akan merasa nyaman ketika menjalani pekerjaan di kantor. Rasa nyaman ini dapat memicu semangat kerja yang pada akhirnya berdampak pada performa dan prestasi kerja yang prima.

Yang terpenting untuk Anda pahami adalah bahwa kecintaan terhadap pekerjaan merupakan faktor utama pemicu semangat dalam bekerja. Tatkala Anda bisa menanamkan rasa cinta terhadap pekerjaan, maka rutinitas kerja sepadat apapun  tidak akan membebani Anda. Anda akan selalu melakukan pekerjaan dengan senang hati  sekalipun berat.

Jangan lupa untuk selalu mengupayakan keseimbangan hidup. Atur waktu yang tepat antara mengerjakan tanggung jawab kerja dan melakukan aktifitas yang lain. Anda jangan hanya terfokus pada pekerjaan karena banyak tanggung jawab yang harus Anda emban, termasuk tanggung jawab dalam menjalani fungsi dalam keluarga. Selain itu, luangkanlah waktu untuk mengerjakan hal-hal yang menjadi minat Anda. Hal ini dapat membuat pikiran Anda senang dan fresh. Sehingga semangat Anda yang mulai kendur karena stress pekerjaan dapat muncul kembali.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo