Monday, June 17, 2013

Cara Menciptakan Ide Kreatif

Carilah pola-pola yang familiar dalam hal-hal yang belum dikenali. Karena kebiasaan dan rutinitas yang sudah mendarah daging dalam diri kita, ide-ide kreatif jangan sampai sama persis dengan ide lama yang sudah usang. Para pemikir yang kreatif mendapatkan hasil dengan menggabungkan subjek-subjek yang tidak sama, seperti investor dan pesaing.

Ubah cara pandang Anda. Pemikiran-pemikiran yang sudah dijadikan asumsi umum sering menjadi penghalang dan menghambat imajinasi kita. Kadang cukup membantu pula untuk membayangkan pendekatan yang berlawanan atau bekerja dengan orang/ pihak yang menurut kita tidak memiliki pemikiran atau sikap yang sejalan. Banyak perusahaan yang sukses justru karena menerapkan strategi yang 'aneh' dan berlawan arah.

Pikirkan yang tidak terpikirkan. Kita semua membutuhkan cara untuk membongkar imajinasi kita agar lebih leluasa mengeksplorasi seluas mungkin kemungkinan di luar batasan-batasan yang ada sehingga kita dapat melejit di luar apa yang sudah biasa dicapai orang kebanyakan.

Niat merupakan awal pemikiran kreatif. Niat mengantarkan kita menuju kesadaran penuh pada otak kita akan hal-hal yang penting bagi diri kita. Satu cara untuk melejitkan kreativitas adalah dengan membangkitkan kesadaran mengenai apa yang hendak Anda capai.

Ubah cara berbicara. Banyak entrepreneur fokus pada kekurangan mereka dan mengutarakan pemikiran dan ide dengan nada negatif seperti menggunakan kata "tidak", "jangan", dan "bukan". Lakukan upaya sadar untuk mengubah diri menjadi pribadi yang lebih positif dengan membuat pola bicara yang positif.

Sikap dan perilaku saling mempengaruhi,  Sikap mempengaruhi perilaku namun perilaku juga mempengaruhi sikap. Kenyataan sering menunjukkan adanya keseragaman dengan keyakinan dan pemikiran, entah itu positif atau negatif. Dalam dunia bisnis online sekarang contohnya, akan lebih mudah untuk berpura-pura menjadi perusahaan yang besar dan mapan dan kepura-puraan itu kadang mengantarkan kita pada yang sebenarnya.

Brainstorming. Penggodokan ide, pemikiran di luar kotak, pemikiran radikal, pemikiran kreatif - apapun istilah yang Anda gunakan untuk mengacu pada pendekatan ini ialah sesuatu yang harus dieksplorasi setiap saat dalam berbisnis. Anda harus melepaskan hal-hal yang menahan Anda agar kreativitas itu muncul dan mengambil peluang dalam bisnis terutama setelah menghasilkan satu ide cemerlang.

Anda tidak bisa mengatur muncul tidaknya sebuah ide baru. Namun, seiring dengan banyaknya praktik dan latihan, 'otot' imajinasi Anda akan makin kuat. Akhirnya suatu saat nanti Anda akan mencapai tahapan yang lebih baik dalam menggabungkan konsep-konsep berbeda secara konseptual dari konteks yang berbeda, yang akhirnya akan menggiring ke ide-ide dan pandangan orisinal yang mengagumkan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo