Wednesday, June 19, 2013

10 karya Kreatif Memanfaatkan Kembali Botol Bekas

Dalam kesehari-harian banyak botol bekas yang terbuang begitu aja dan membuat fungsinya lebih bermanfaat. Botol-botol ini dapat dimanfaatkan kembali untuk menambah nilai manfaat, estetika serta nilai ekonomi. Berbagai gagasan kreatif pun muncul untuk memanfaatkan cara mengolah kembali botol bekas ini.
Dalam sesi ini akan kita membahas, cara-cara memanfaatkan kembali botol-botol bekas menjadi menjadi barang yang mempunyai nilai-nilai yang lebih berguna. Memanfaatkan botol-botol bekas juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan lingkungan hidup. Berikut ini ada beberapa cara membuat botol-botol bekas tersebut menjadi suatu karya yang sangat kreatif.

1. Dekorasi Bunga untuk Rumah.






Kalau kamu memiliki botol bekas yang tidak terpakai dalam jumlah banyak, tetapi bingung mau dibuat apa, kreasi seperti foto diatas dapat Anda lakukan. Dengan memotong bagian bawah botol dan kemudian menyusunnya kembali dengan menggunakan tali/benang, kamu dapat memperindah jendela pada rumah atau ruangan tamu. Karya yang sangat sederhana tetapi mempunyai nilai estetika dan lebih bermanfaat. Selain itu juga Anda dapat menambahkan hiasan lampu LED yang kelap kelip tepat di bagian belakangnya, dan disaat malam tiba hiasan dari botol bekas ini memberikan suasana hangat di rumah.

2. Tas Kecil untuk Koin atau tempat penyimpan barang.



 


Kreasi botol bekas ini dinamakan Tas Kecil Penyimpan Koin. Caranya menggabungkan dua buah potongan bagian belakang dari botol bekas tersebut dan menambahkan resleting. Botol bekas dapat diolah kembali menjadi sebuah produk yang bernilai tambah dan nilai jual yang lebih tinggi. Selain berguna, desain ini  memiliki tampilan yang sangat menarik.Dan Anda juga dapat mengkreasikan ide-ide yang lainnya seperti yang diatas ini.

3. Sapu dari Botol Bekas


Dengan sedikit usaha dan kreatifitas kamu juga dapat memanfaatkan kembali botol bekas menjadi sapu. Selain itu, kegiatan berkreasi ini dapat kita gunakan untuk menyalurkan hobi serta mengisi waktu luang. Untuk membuat sapu dari botol bekas ini, peralatan yang diperlukan tidaklah rumit, cukup dengan menggunakan botol bekas, alat pemotong dan gagang yang terbuat dari kayu, kita sendiri dapat membuatnya di rumah.

4. Pot Bunga.

 

Bercocok tanam di dalam rumah, adalah solusi bagi rumah dengan halaman yang kecil. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam tanaman obat namun tidak memiliki halaman rumah yang luas, menjadi alternatif yang cocok Anda gunakan. Tempat yang paling ideal untuk menanam tanaman obat adalah tempat yang terkena dari sinar matahari. Tanaman setidaknya membutuhkan cahaya matahari secara langsung kira-kira 1-2 jam per hari, dan 12 jam cahaya matahari tidak langsung. Tempatkan tanaman dekat jendela adalah tempat yang paling ideal. Salah satu meda yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan botol bekas yang Anda miliki dan dirangkai sedemikian seperti foto diatas. Perlatan yang Anda butuhkan cukup sederhana antara lain botol bekas, alat pemotong seperti kartel atau pisau, tanah dan bibit tanaman. Kreasikan ide Anda dengan botol-botol bekas yang Anda miliki menjadi wadah tanaman yang mempunyai banyak variasi yang bisa Anda buat.

5. Tempat Penyimpanan Koran.

 

Desain inovatif dengan menggunakan botol bekas sebagai tempat penyimpanan koran ini bisa Anda praktekkan di rumah. Selain menarik, desain ini mempunyai nilai manfaat yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sedikit modifikasi botol bekas yang semula tidak terpakai dapat terlihat lebih indah dan memiliki nilai manfaatnya. Anda juga dapat mendesain sesuai dengan keinginan Anda, membuatnya semakin unik dan kreatif.

6. Tempat Lilin

tips memanfaatkan botol plastik bekas diy 9
Dengan sentuhan sedikit desain yang sederhana pun dapat terlihat unik dan indah. Ternyata banyak hal-hal kecil yang tidak Anda perhatikan, untuk dibuat menjadi barang yang bermanfaat, contohnya tempat lilin ini seperti gambar diatas. Dengan menggunakan potongan dua botol bekas bagian atas dan menggabungkannya dapat dibuat tempat lilin yang indah. Anda juga dapat mendesain sesuai dengan keinginan Anda, membuatnya semakin unik dan kreatif.

7. Kuas Lukisan dari Botol Bekas

 







Kalau Anda senang dengan hal-hal yang bersifat seni, Anda dapat membuat sebuah lukisan dengan menggunakan botol bekas sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan yang indah dengan menggunakan bagian belakang botol bekas ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Ide sederhana dan menarik, hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

8.  Tempat Lilin Dekoratif.

Botol bekas ternyata mempunyai banyak manfaat yang dapat Anda buat sebagai tempat lilin aroma terapi. Teknik atau cara pembuatanmya dapat dikatakan cukup gampang, dengan menggunakan potongan botol bekas, bebatuan hiasan, pasir dan lilin aroma terapi Anda juga dapat melakukannya di rumah Anda.

9. Segel Plastik.

 

Manfaat lain dari botol bekas yang cukup praktis dan mudah adalah membuatnya sebagai penutup plastik. Selain mudah digunakan untuk jenis pekerjaan rumah tangga, menjadikan suatu hal yang unik dan mungkin tidak Anda banyangkan sebelumnya. Yang dapat Anda lakukan adalah memotong bagian atas botol dan menaruhnya pada plastik yang sudah terisi. Peralatan yang dibutuh dalam pembuatannya yaitu, siapkan botol bekas, gunting, plastik dan produk yang Anda ingin simpan didalam plastik. Pertama, guting tepat di bawah tutup botol seperti gambar diatas. Kedua, masukkan ujung plastik yang sudah terisi, kedalam penutup botol hingga plastik tadi bersisa sedikit diluar tutup botol tersebut. Kemudian Anda dapat menutup dengan penutup berwarna biru seperti contoh diatas.

10. Peredam Suara dari Botol Bekas

Yang terakhir Anda dapat menggunakan botol bekas sebagai tempat peredam suara bising. Botol plastik juga mempunyai kemampuan untuk meredam suara bising yang sangat baik. Gambar diatas adalah contoh ruangan membaca yang didesain dengan menggunakan botol plastik sebagai tempat peredam suara bising. Kreasi yang sangat ekonomis, elegan dan dimanis ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang mempunyai inspirasi memanfaatkan botol-botol bekas tersebut.

Semangat untuk membuat berbagai kreasi dari hal yang paling sederhana hingga yang paling rumit, kini telah menjadi sebuah semangat bahkan gaya hidup untuk menyalurkan bakat dan hobi Anda. Sebuah kreasi dimana sesuatu itu bukan terletak pada baik atau tidak baiknya produk yang dihasilkan, namun lebih-lebih dari sekedar kepuasan dan semangat untuk menyalurkan kreatifitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita dan semoga semangat kreatif ini juga dapat berkembang di Indonesia.

Inspirasi : Banyak cara untuk menghasilkan ide kreativitas kita, seperti contoh diatas. Hasil karya yang nilai seninya tinggi, dan mempunyai cerita tersendiri.

22 comments:

Unknown said...

Waaww kreatif banget gan, ane punya banyak kain perca sisa pembuatan sepatu bordir yg belum bisa ane manfaatin,
moga stelah ini bisa dapet inspirasi utk memanfaatkannya

knjung balik blog ane gan

sepatubordir22.blogspot.com

makasih :)

Anonymous said...

bner-bner memotivasi, SUKA BNGT !!
sy mw praktekin yg nomer 7. terima kasih bnyk infonya gan :)

Anonymous said...

oh iya, mw tnya, kalau itu saya praktekin di ats kanvas bisa nggak ya? tlg djwb. trimakasih sbelumnya :)

Unknown said...

ada keterangan Cara nya gak

Unknown said...

Pengn yg no 1 Dan 6 cara nya seperti apa ?

LOve Nadia Angelina said...

cara nempelin retsleting yg nmor 2 itu gmn??? dijahit ato di lem ??

Unknown said...

Maap ya buat semua,, baru bisa bales skrg. Coz ga blom sempat buka blog.
Buat:
@sepatu bordir: makasi gan,manfaatin aja gan dari barang2 yg ga kepake. daripada terbuang. mending agan coba ide2 yang bisa menambah nilai pakenya.

Unknown said...

kunjungi juga gan
www.sepatubordirmuraah.blogspot.com

ane punya bekas kain kerca semoga terinspirasi

Unknown said...

singgah gan http://seluruhinformasitentangblog.blogspot.com/

Anonymous said...

tambah lagi donk idenya gue lagi butuh nih :)

Anonymous said...

kula remen banget kaleh hasil kerajinan panjenengan kang becike bangetake

ajiewp said...

ini karya-karya kreatif ...mau informasi karya kreatif lainnya silahkan berkunjung gan ke lapak ane ....!!

juki said...

wow... kreatif banget ini gan, ternyata barang bekas pun bisa jadi barang yg bermanfaat

ssalam kenal gan, jangan lupa mampir ke blog saya buat baca Sejarah musik rock di Indonesia

Unknown said...

nice share gan, keren , kreatif sekali

Apartemen High Point Siwalankerto

Unknown said...

wah bagus-bagus tuh kerajinan tangan dari barang bekas botol sangat unik, kalau bisa membuatnya pasti laku di jual

Unknown said...

keren ! lumayan buat nambah2 kreatifitas hehe

Selimut said...

keren tuh yg nomer 10 buat kalo lagi latihan band..

Unknown said...

Obat Radang Jantung akut
Obat Sering Kencing
Obat Diabetes Akut
Obat infeksi saluran kencing
Obat menormalkan asam urat
Obat Melancarkan Susah Buang Angin

Unknown said...

Assalamu'alaikum wrb ..."malam ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Ki jagad sakti atasa bantuannya .." Melalui media sosial internet di Hongkong saya sangat sangat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya seumur hidup baru kali ini saya menang lottery marsix Hongkong 200 dollar Winning Numbers:
16 - 18 - 27 - 35 - 42 - 44
Additional Number : 33
. Itu semua lewat bantuan Aki jagad ",

tidak salah saya menuruti syarat apa yang di sampaikan beliau ternyata semua benar " angkanya saya dapatkan menangkan semua bantuan beliau kepada saya" dengan itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Aki Jagad sakti atas bantuanya" dan buat saudaraku khusus di Hongkong jika Anda ingin menang lottery marsix Hongkong seperti saya silakan Anda hubungi Ki jagad sakti beliau adalah dukun angka keramat yang benar - benar ampuh yang bisa menjebloskan angka lottery marsix hongkong , silakan Anda hubungi langsung di hotline ( Telpone /Sms 0812 4286 9624 ) " ( webz. http: //dukunsaktiterpecayadindonesia.blogspot.com ) "semogah informasi yang saya bagikan bermanfaat buat Anda semuanya ....terimah kasih Ki sukses dan sehat selalu.....Wassalamualaikum

Akbar said...

Keren habis gan
M-barsal.blogspot.com

Pembuatan Booth Pameran said...

ah produknya keren banget ya! Semoga dapat menjadi motivasi generasi muda untuk terus berkarya dan berkreasi. btw, nice post :)

Pusat Pembuatan Booth Pameran | Backdrop Vendor Profesional
Jasa Pembuatan Booth Pameran
Jasa Pembuatan Backdrop
Kontraktor Pameran
Stand Pameran
Pengertian Pameran
Promosi Melalui Pameran

Unknown said...

Obat Pengering Luka Jahitan
Obat Sakit Syaraf Kejepit Tulang Belakang

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo