Monday, June 17, 2013

Tips-tips agar bisnis menjadi berkembang

Berbisnis perlu strategi untuk memajukan bisnis apa yang sedang anda jalani. Strategi bukan bermaksud untuk menjatuhkan saingan bisnis anda, tetapi bersaing secara sehat untuk meningkatkan kualitas, pelayanan dan kuantitas dari bisnis anda.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk lebih sukses dan berkembang:

♦Sharing ide berbisnis
Jangan pernah meremehkan kerja bawahan Anda, karena mereka bisa menjadi sumber ide-ide brilian yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan. Ajaklah mereka untuk saling sharing, tampung semua masukan, bahkan ide yang menurut anda konyol(absurd). Bisa juga lakukan memodifikasi setiap ide karyawan, dengan melakukan riset dari ide-ide yang telah anda tampung.Dengan riset itu, anda akan mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari bisnis anda.

♦Diversifikasi produk
Cari tahu bagaimana anda bisa menjual lebih kepada konsumen. Jika anda menjual produk, anda bisa menambahkan barang-barang pelengkap, tawaran bundlung, atau bahkan paket layanan lainnya. Seperti contoh anda menjual sepatu, anda bisa menambahkan kaos kaki yang serasi dengan sepatu yang akan dibeli oleh konsumen, dengan harga modal kaos kaki. Dengan begitu kosumen tersebut akan senang, dan mungkin berbelanja lagi dikemudian harinya.

♦Berikan nilai tambah
Anda tidak selamanya harus bersaing di masalah harga dengan para pesaing lainnya, kadang konsumen akan memilih untuk membayar lebih selama ada nilai tambah. Misalnya, Anda memberikan nilai tambah berupa layanan antar, lokasi strategis, pelayanan yang baik, kebersihan, ketepatan waktu, dan lain sebagainya. Contohnya bila anda berbisnis cafe, anda bisa menambahkan hiburannya seperti internet wifi, penyanyi(band), atau pelayan yang sexy untuk kosumen beta dan ingin berkunjung lagi dikemudian harinya.

♦Ukur aktivitas pemasaran
Jika anda tidak bisa mengukurnya, maka jangan keluarkan uang untuk itu. Jadi cobalah untuk mulai mengukur aktivitas pemasaran yang Anda lakukan, agar dapat mengetahui mana yang lebih efektif dilakukan. Anda bisa melakukannya seperti mengamati dibisnis yang sejenis dengan anda, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya bisa menjadi catatan anda, untuk diterapkan dibisnis anda

♦Beri perhatian pada pengalaman
Apa yang pelanggan rasakan saat menggunakan produk anda, sangatlah penting. Karena itu, beri perhatian pada pengalaman pelanggan, cari tahu apa yang mereka suka dan yang tidak disukai. Hal ini tentu saja untuk memperbaiki pelayanan Anda ke depannya.Hal ini bisa dilakukan dengan riset dari beberapa pelanggan tetap anda.

Semoga tips2 diatas bisa membantu anda dalam dunia bisnis yang anda geluti. Semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo