Berbisnis perlu strategi untuk memajukan bisnis apa yang sedang anda jalani. Strategi bukan bermaksud untuk menjatuhkan saingan bisnis anda, tetapi bersaing secara sehat untuk meningkatkan kualitas, pelayanan dan kuantitas dari bisnis anda.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk lebih sukses dan berkembang:
♦Sharing ide berbisnis
Jangan
pernah meremehkan kerja bawahan Anda, karena mereka bisa menjadi sumber
ide-ide brilian yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan. Ajaklah mereka
untuk saling sharing, tampung semua masukan, bahkan ide yang
menurut anda konyol(absurd). Bisa juga lakukan memodifikasi
setiap ide karyawan, dengan melakukan riset dari ide-ide yang telah anda tampung.Dengan riset itu, anda akan mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari bisnis anda.
♦Diversifikasi produk
Cari
tahu bagaimana anda bisa menjual lebih kepada konsumen. Jika anda
menjual produk, anda bisa menambahkan barang-barang pelengkap, tawaran
bundlung, atau bahkan paket layanan lainnya. Seperti contoh anda menjual sepatu, anda bisa menambahkan kaos kaki yang serasi dengan sepatu yang akan dibeli oleh konsumen, dengan harga modal kaos kaki. Dengan begitu kosumen tersebut akan senang, dan mungkin berbelanja lagi dikemudian harinya.
♦Berikan nilai tambah
Anda
tidak selamanya harus bersaing di masalah harga dengan para pesaing
lainnya, kadang konsumen akan memilih untuk membayar lebih selama ada
nilai tambah. Misalnya, Anda memberikan nilai tambah berupa layanan
antar, lokasi strategis, pelayanan yang baik, kebersihan, ketepatan
waktu, dan lain sebagainya. Contohnya bila anda berbisnis cafe, anda bisa menambahkan hiburannya seperti internet wifi, penyanyi(band), atau pelayan yang sexy untuk kosumen beta dan ingin berkunjung lagi dikemudian harinya.
♦Ukur aktivitas pemasaran
Jika anda tidak bisa mengukurnya, maka jangan keluarkan uang untuk itu. Jadi
cobalah untuk mulai mengukur aktivitas pemasaran yang Anda lakukan,
agar dapat mengetahui mana yang lebih efektif dilakukan. Anda bisa melakukannya seperti mengamati dibisnis yang sejenis dengan anda, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya bisa menjadi catatan anda, untuk diterapkan dibisnis anda
♦Beri perhatian pada pengalaman
Apa
yang pelanggan rasakan saat menggunakan produk anda, sangatlah penting.
Karena itu, beri perhatian pada pengalaman pelanggan, cari tahu apa
yang mereka suka dan yang tidak disukai. Hal ini tentu saja untuk
memperbaiki pelayanan Anda ke depannya.Hal ini bisa dilakukan dengan riset dari beberapa pelanggan tetap anda.
Semoga tips2 diatas bisa membantu anda dalam dunia bisnis yang anda geluti. Semoga sukses.
0 comments:
Post a Comment