Monday, June 17, 2013

Mulailah berbisnis lebih cerdas dan kreatif

Bagi para pengusaha yang baru saja memulai bisnis, sangat penting untuk bisa bekerja dengan cerdas bukan hanya sekadar bekerja keras.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

♦Perencanaan dan pengorganisasian
Sebelum memulai usaha, sudah seharusnya anda menentukan tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan atau target itu kemudian bisa diatur ulang, seiring dengan meningkatnya usaha anda agar bisa terus berkembang.

♦Evaluasi ulang
Jika Anda menghabiskan waktu sekitar 20 jam bekerja sehari untuk bisnis anda, pada akhirnya anda kelelahan dan perusahaan pun bisa terkena imbasnya. Karena itu selalu lakukan evaluasi ulang untuk melihat apa yang bisa Anda lakukan agar bisnis tetap bisa berjalan, tanpa mengorbankan kehidupan anda.

♦Maksimalkan teknologi
Di zaman maju seperti sekarang, teknologi diciptakan untuk memudahkan setiap pekerjaan anda. Karena itu, manfaatkan teknologi, misalnya untuk promosi atau berhubungan dengan klien. Cara ini tak hanya menghemat waktu, tapi juga menghemat biaya.

♦Pendelegasian tugas
Ketika bisnis mulai berkembang dan Anda sudah memiliki anak buah, maka belajarlah untuk bisa mendelegasikan tugas. Anda harus tahu siapa yang bisa mengerjakan apa, supaya anda bisa lebih fokus dalam hal manajemen untuk pengembangan bisnis.

♦Kehidupan seimbang
Jangan pernah menghiraukan kehidupan pribadi anda, karena hal ini juga bisa mempengaruhi bisnis. Memang, mengembangkan bisnis menjadi prioritas anda, tapi jika Anda secara fisik, emosional, dan spiritual tidak seimbang maka pekerjaan pun akan sulit dilakukan. Cobalah untuk selalu menjadwalkan kapan waktu bekerja dan kapan waktu bersama keluarga.
 
Cara-cara diatas bisa diterapkan didalam bisnis anda dengan moto "jadilah orang cerdes dalam setiap tindakan, dengan itu anda bisa menghemat waktu anda untuk memikirkan hal yang lainnya". Semoga anda berhasil.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo