Thursday, June 13, 2013

Tips Meningkatkan Prestasi dalam jabatan.

Penilaian merupakan suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi, menganalisis, dan mengimplementasikan informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan. Sedangkan prestasi kerja merupakan capaian yang diperoleh dari hasil kerja dari dalam waktu tertentu. Definisi tersebut menekankan pada hasil yang dapat diperoleh dari sebuah pekerjaan sebagai kontribusi seseorang terhadap perusahaan.
Penilaian prestasi kerja secara umum perlu dilakukan dalam periode waktu tertentu untuk memberikan gambaran kepada manajemen tentang perkembangan hasil pelaksanaan kerja tiap karyawan. Berikut ini kegunaan penilaian prestasi kerja secara lebih detail.

Pertama, untuk Perbaikan Prestasi Kerja. Peningkatan dari sisi kualitas dan kuantitas setiap pekerjaan mutlak diperlukan oleh semua perusahaan. Dan akan ditingkatkan secara terus menerus sesuai tingkat efisiensi dan efektifitasnya sebuah pekerjaan. Untuk perbaikan prestasi kerja ini membutuhkan umpan balik pelaksaan kerja yang memungkinkan pihak manajemen mengetahui peningkatan prestasi kerja karyawannya.

Kedua, untuk Penyesuaian Kompetensi. Hasil dari prestasi kerja perlu diberikan suatu kompensasi Penilaian prestasi kerja ini membantu pihak manajemen menentukan kenaikan upah, pemberian bonus prestasi dan bentuk kompensasi lainnya.

Ketiga, untuk Penyesuaian Penempatan. Menduduki jabatan tertentu membutuhkan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan ditempatkan pada posisi jabatan tersebut. Promosi level jabatan berguna sebagai bentuk kerja yang telah diilakukan dalam periode waktu yang sebelumnya. Hal ini memberikan jaminan terhadap keputusan penempatan internal yang diambil tanpa diskriminasi terhadap obyek tertentu.

Keempat, untuk Kebutuhan Latihan dan Pengembangan. Kemampuan Sumber Daya Manusia merupakan asset yang sangat berharga. Peningkatan kemampuan SDM mutlak diperlukan untuk menjawab tantangan perusahaan di masa mendatang . Melalui penilaian prestasi kerja maka kita dapat mengetahui dan mengelompokkan tingkatan kemampuan karyawan sehingga dapat memilih dengan tepat siapa saja yang perlu akan kebutuhan mengikuti pelatihan. Dan prestasi kerja yang lebih baik perlu kebutuhan pengembangan lebih lanjut.

Kelima, untuk mengetahui Ketidakakuratan Sistem Penilaian Prestasi Kerja di suatu unit tertentu yang jelas, mungkin menunjukkan ketidakakuratan penerapan system kerja yang berlaku di unit tersebut. Hal tersebut dapat menjadi masukan bagi perusahaan untuk memperbaiki system lengkap dengan komponen-komponen yang terkait didalamnya.
Inti dari kegiatan tersebut di atas adalah untuk memperoleh informasi yang tepat sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik lagi bagi perkembangan perusahaan. Sukses bagi anda yang telah bekerja, tunjukkan prestasi kerjamu di setiap saat dan kesempatan yang ada.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo