Monday, June 17, 2013

Hal-hal yang harus anda ketahui sebelum berbisnis sendiri

Memulai bisnis sendiri tidak sesulit yang dibayangkan, namun tetap harus diawali dengan pemikiran dan pertimbangan yang matang. Sebelum anda memutuskan untuk memulai bisnis sendiri, coba pikirkan beberapa hal berikut ini.

♦Jadilah ahli di bidang Anda
Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah keahlian di bidang yang dipilih. Jika anda ingin memulai butik sendiri, Anda harus punya pengetahuan soal fashion dan tren. Jika anda ingin membuka usaha katering, artinya Anda juga harus punya kemampuan memasak. Cari tahu apa yang menjadi bakat dan keahlian Anda, serta pastikan bakat itu selaras dengan apa yang ingin Anda lakukan.

♦Lakukan riset
Sebelum memulai bisnis sendiri, lakukan riset terlebih dulu. Cari tahu soal modal yang diperlukan, apa rencana anda untuk meraih pasar, siapa target anda, dan sebagainya. Riset memang punya peranan penting, tapi juga jangan terlalu lama berkutat di tahap ini dan akhirnya tidak berani memulai bisnis yang sudah anda rencanakan. Kadang sebuah rencana terbaikpun harus disesuaikan tergantung situasi dan kondisi setelah bisnis berjalan.

♦Mulai promosi
Saat memulai bisnis baru, salah satu hal yang penting adalah melakukan promosi. Beruntunglah kita yang berada di era teknologi berkembang, karena kini bisa memanfaat media sosial sebagai alat promosi dengan budget minim. Gunakan Facebook, Twitter, blog, dan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis anda. Minta bantuan juga pada teman dan keluarga untuk mulai mempromosikan bisnis dari mulut ke mulut.

♦Hargai layanan konsumen
Sebagai seorang pebisnis, anda akan melakukan berbagai tugas. Mulai dari pemilik, akuntan, penjual, sekaligus pemasar. Walaupun tugas anda banyak, jangan pernah lupakan pentingnya melayani konsumen agar bisnis anda bisa terus berjalan. Membangun dasar konsumen yang kuat bisa menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kesuksesan bisnis anda. Selalu antarkan barang dalam waktu yang cepat dan tepat, bersikap ramah, dan tawarkan pengembalian barang seandainya konsumen tidak puas bisa menjadi beberapa layanan yang bisa anda tawarkan.
 
Semoga anda tidak ragu dalam memulai berbisnis, dan pastikan tekad anda sudah bulat untuk memulai bisnis tersebut. Bila anda gagal dalam berbisnis, coba anda review ulang dimana letak kesalahan bisnis anda. Dan mencoba kembali bisnis anda dengan konsep yang baru. Good luck

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Alex Greencamp | Bloggerized by Jogermon - inspirasi-by-joger.blogspot | SharePoint Demo